Goal Setting..

Assalamualaikum..

Semoga ianya bermanfaat kepada kita semua. Perkara yang harus kita ada..

1. Langkah terpenting dalam setiap pencapaian luar biasa adalah membuat goal yang spesifik – Kurt Thomas (Pemain Bola Basket Pro)

2. Goal yang spesifik akan membuatkan Anda untuk tetap fokus pada goal Anda. Membuat Anda selalu termotivasi dan berjuang untuk mencapainya.

3. Contoh goal yang spesifik –  Anda harus dapat menjawab “Mengapa saya melakukan ini?”, “Untuk siapa saya melakukan ini?” big WHY.

we are family

4. Goal yang spesifik membuat Anda mengabaikan rintangan-rintangan yang mungkin muncul ketika Anda berjuang untuk melakukan yang terbaik.

5. Kalau goal Anda tidak spesifik (umum), macam  mana Anda ingin tahu apakah Anda sudah capai atau belum.

6. 6W (Who, What, Where, When, Which, Why) & 1H (How) boleh membantu Anda untuk membuat goal yang spesifik.

7. Goal yang spesifik (1)Who: Siapa saja yang terlibat? Siapa yang harus Anda cari untuk membantu mencapai goal dengan lebih cepat dan efektif? Bermanfaat bagi siapa saja?

8. Goal yang spesifik (2)What: Apa yang ingin Anda capai? Kriterianya apa? Ukurannya apa? Kaya seberapa kaya?

9. Goal yang spesifik (3)Where: Di mana lokasi/ tempatnya? Bila Anda berada di sana? Apa yang Anda lihat/ dengar/ rasakan?

10. Goal yang spesifik (4)When: Tahun bila anda nak capai, bulan apa, hari apa?? Lebih detil lebih bagus karana dari situlah Anda tarik ke belakang dan membuat perancanaan Anda.

11. Goal yang spesifik (5)Which: Kondisinya seperti apa? Persyaratan yang Anda inginkan seperti apa? Batasan/ Kriteria seperti apa? MDRT, Supremacy, Jumlah Manpower, Promotion dan sebagainya,

12. Goal yang spesifik (6)Why: Alasan, tujuan, atau manfaat yang akan Anda perolehi dari pencapaian goal tersebut? Sengsara/ derita apa yang mau Anda hindari dengan mencapai goal tersebut?.

13. Goal yang spesifik (7)How: Bagaimana caranya Anda boleh mencapai goal tersebut? Dari mana/ kepada siapa Anda cari tahu caranya?Mentor.

14. Goal harus spesifik karana otak kita hanya mampu menjalankan perintah dengan baik jika instruksinya spesifik,kita yang mengprogramkannya.

15. Goal yang tidak spesifik ibarat naik teksi tanpa tujuan. Selain tak tahu halatuju, membuang masa dan tenaga, malah semakin banyak wang yang akan kita bazirkan.

16. Buat goal spesifik ibarat memakan gajah. Bagaimana cara makan gajah? Sedikit demi sedikit! Bagi goal besar Anda dipecahkan ke potongan-potongan kecil. Realistik dengan tindakan. Goal yang efektif hanya 200% ke 300% berbanding pencapaian terdahulu.

Jangan takut meletakkan goal, kerana orang tua tua cita-cita setinggi langit, kalau tidak capai, paling tidak kita sudah sampai di bintang-bintang!.

Jika berlatih atau bekerja tanpa goal spesifik yang hendak dicapai, dengan berjalannya waktu, semangat berlatih/ bekerja Anda akan pudar sendirinya.

Salam

Advertisements
This entry was posted in motivasi diri, Talk Kerjaya and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s